Senin, 05 Desember 2011

Tugas 3 & 4

NAMA : EKA PUTRI PRAWITA AYU
KELAS : 3 EB 05
NPM : 25209516


 SIMPULAN SECARA LANGSUNG
1. Semua beruang berdarah panas (premis)
Sebagian yang berdarah panas adalah beruang (simpulan)

2. Semua pohon berwarna hijau (premis)
Sebagian yang berwarna hijau adalah pohon (simpulan)

3. Semua sepeda beroda dua (premis)
Sebagian yang beroda dua adalah sepeda (simpulan)

4. Semua wanita cantik (premis)
Sebagia yang cantik adalah wanita (simpulan)

5. Semua yang pedas adalah cabe (premis)
Sebagian yang pedas adalah cabe (simpulan)


 SIMPULAN SECARA TIDAK LANGSUNG
1. Semua binaragawan berbadan besar

2. Setiap singa bergigi tajam

3. Semua bola berbentuk bulat

4. Semua truk berukuran besar

5. Semua ikan berenang



 SILOGISME KATEGORIAL
1. Semua mamalia berdarah panas
Semua gajah adalah mamalia
Jadi, semua gajah adalah mamalia

2. Semua makhluk hidup perlu udara
Harimau adalah makhluk hidup
Jadi, semua harimau perlu udara


 SILOGISME HIPOTESIS
1. Jika air dipanaskan, air akan mendidih
Air dipanaskan
Jadi, air ,mendidih
Jika air tidak dipanaskan, air tidak mendidih
Air tidak dipanaskan
Jadi, air tidak akan mendidih

2. Jika ikan didarat ikan akan mati
Ikan didarat
Jadi, ikan mati
Jika ikan tidak didarat, ikan tidak mati
Ikan tidak didarat
Jadi, ikan tidak akan mati


 SILOGISME ATERNATIF
1. Dia adalah seorang guru atau nelayan
Dia seorang guru
Jadi, dia bukan seorang nelayan
Dia adalah seorang guru atau nelayan
Dia bukan guru
Jadi, dia adalah nelayan

2. Itu adalah kursi atau meja
Itu kursi
Jadi, itu bukan meja
Itu adalah kursi atau meja
Itu bukan kursi
Jadi, itu meja.


 ENTIMEN
1. Semua polisi adalah orang baik
Anton adalah polisi
Jadi, Anton adalah orang baik.

2. Semua dalang adalah orang Jawa
Priyatno adalah dalang
Jadi, Priyatno adalah orang Jawa


 RANTAI DEDUKSI
Semua kelinci binatang yang sangat lucu (hasil generalisasi)
Kali ini saya di beri seekor kelinci
Sebab itu, seeor kelinci ini juga pasti sangat lucu (deduksi)
Saya sangat suka dengan kelinci yang sangat lucu (induksi generalisasi)
Ini adalah kelinci yang lucu
Sebab itu, saya sangat suka kelinci ini (deduksi)
Saya suka binatang apa saja, yang saya sukai (induksi generalisasi)
Saya suka binatang ini
Sebab itu saya menyukainya (deduksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar